Cara Menambahkan Music di Video Menggunakan Software Adobe Premiere

Posting Komentar

Cara Menambahkan Music di Video.

Biasanya kalau mendengar istilah video. Maka yang ada dipikiran kita adalah sebuah film yang memang dari awalnya pasti sudah ada gambar disertai suara dan music pengiring. Seperti yang sering kita lihat di Televisi. 

Cara Menambahkan Music di Video Menggunakan Software Adobe Premiere 

Ada di Setiap Konten VIdeo

Namun lain halnya jika kitalah yang menjadi sutradara dalam film atau konten creator. Meskipun tidak selalu membutuhkan music. Namun paling tidak pada bagian pembuka pasti ada intro yang disertai dengan music/backsound. 

Demikian juga dengan saya. Menggunakan music adalah sesuatu yang menurut saya harus ditambahkan pada konten video marketing untuk kepentingan pemasaran. Sehingga promosi produk menjadi terlihat lebih menarik. 

Dulu sebelum saya mengenal Adobe Premiere saya selalu menggunakan Power Point untuk membuat video marketing untuk promosi produk. Karena power point ini penggunaannya sangat simple sekali dan mudah dimengerti. 

Awalnya Hanya Power Point

Power point adalah sebuah program aplikasi presentasi yang merupakan bagian dari Microsoft Office Suite. Ini digunakan untuk membuat presentasi multimedia yang dapat disajikan dalam bentuk slide, teks, gambar, grafik dan media lainnya. 

Power Point sering digunakan untuk presentasi bisnis, presentasi di kampus, atau dalam situasi-situasi lain di mana pengguna perlu mempresentasikan informasi dalam format visual yang menarik. 

Lalu, mengapa saya menggunakan Adobe Premiere untuk menambahkan music ke dalam sebuah video promosi ? semakin lama saya semakin menyadari bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan pada Adobe Premiere namun tidak dapat diterapkan di Power Point. 

Fitur yang Hanya Ada di Satu Tempat

Misalnya efek animasi teks tertentu contoh nya animasi text Crop. Ini hanya bisa di lakukan pada Adobe Premiere. Di Power point juga bisa namun hasilnya tidak begitu baik. Seperti ada pergerakan sedikit bergeser di akhir efek. 

Hanya sedikit sih tapi menurut saya akan berpengaruh pada performa video promosi juga nantinya. Contoh lainnya adalah efek flip card. Efek flip card ini merupakan efek basic 3D yang ada di Adobe Premiere. Power Point juga bisa tapi hasilnya tidak sebaik Adobe Premiere. 

Adobe Premiere adalah salah satu program pengeditan video professional yang digunakan oleh banyak orang dalam industry media dan hiburan. Program ini memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit dan menghasilkan video berkualitas tinggi dengan berbagai fitur seperti efek visual, transisi, suara, dan banyak lagi. 

Adobe Premiere digunakan untuk menghasilkan film, video klip, acara televisi, iklan, dan lain sebagainya. Program ini salah satu yang paling popular dan terkenal dalam industri pengeditan video dan multimedia. 

Cara Menambahkan Music di Video Menggunakan Software Adobe Premiere

Kendala yang Kami Hadapi

Dalam hal menambahkan music ke video sebenarnya power point juga bisa dan hasilnya juga sama sama bagus. Tidak ada perbedaan hasil dalam hal ini. Namun hal yang saya alami ini sangat berbeda. Ketika video di putar terjadi sesuatu yang tidak biasa. 

Di sana terdengan suara music yang saling mendahului. Padahal saya hanya menggunakan satu music saja. Irama yang harusnya masuk di detik ke 5 dia sudah masuk di detik ke 3. Ini benar-benar merepotkan. 

Saya sudah mencoba untuk membuat video tanpa suara terlebih dahulu melalui power point. Setelah itu baru tambahkan music setelah video di buat. Namun hasilnya tetap sama. Suara music-nya masih terdengar saling mendahului. 

Nah karena kejadian inilah saya langsung berpikir untuk menggunakan cara lain yaitu dengan menggunakan Adobe Premiere untuk menambahkan music ke dalam video promosi saya. Walaupun awalnya agak bingung karena saya belum begitu terbiasa menggunakan Adobe Premiere. 

Cara Menambahkan Music di Video Menggunakan Software Adobe Premiere

Music Beserta Fade-in dan Fade-Out

Selain itu ada beberapa penyesuaian lainnya yang masih menjadi pertanyaan di dalam hati saya. Yaitu tentang fade in dan fade out music. Namun saya lebih menekankan ke fade outnya. Agar Ketika video promosinya sudah selesai maka volume music akan mengecil secara perlahan. 

Namun semua itu terjawab Ketika saya melihat beberapa tutorial dari youtube. Jadi beberapa Langkah yang perlu diterapkan agar dapat menambahkan music ke dalam video beserta efek fade out-nya adalah sebagai berikut :


1. Siapkan Video Ke Dalam Project 

Buka Adobe Premiere kemudian klik New Project. Setelah itu carilah video yang ingin di tambahkan music ke dalamnya. Kemudian klik Create. Di sini saya menggunkana video promosi yang telah saya export dari Power Point. Namun saya belum menambahkan music ke dalamnya. 

2. Siapkan Music 

Setelah Video sudah masuk kedalam workspace kita. Silahkan cari dan klik menu File kemudian pilih impor. Setelah itu carilah music yang ingin kita masukkan kedalam video. Kemudian drag and drop music dari jendela Project ke dalam Timeline (Sequence). 

3. Trim Music 

Trim pada video atau music adalah proses memotong bagian yang tidak dibutuhkan dari sebuah klip atau rekaman agar durasinya lebih sesuai dengan kebutuhan atau keinginan editor. Trim dapat dilakukan pada awal, tengah, atau akhir klip. 

Tahapannya hampir sama dengan Power Point. Setelah Menambahkan music maka kita harus menyamakan durasi music dengan video. Jika di Power Point kita harus menekan tombol trim untuk memotong bagian yang tidak diperlukan pada music kemudian menentukan Waktu Start dan End music pada kotak durasi yang telah disediakan.

Namun pada Adobe Premiere. Kita dapat memotong bagian music yang tidak diperlukan dengan sangat mudah. Cukup menggeser blok bagian music kekanan atau kekiri dari depan maupun dari belakang tergantung kebutuhan kita.

Karena saya membutuhkan bagian depan music maka kelebihan durasi di bagian belakang harus saya potong dengan cara mengarahkan pointer ke bagian belakang blok music sampai pointernya berubah bentuk. Setelah itu saya geser sehingga panjangnya sejajar dengan blok video.

Dengan demikian secara otomatis durasi music dengan durasi video akan menjadi sama.

4. Menambahkan Efek Fade Out 

Fade out adalah teknik editing audio di mana lagu atau music secara perlahan berkurang volume atau intesitas suaranya hingga akhirnya diam atau berhenti. 

Setelah music ditambahkan dan durasi telah di sesuaikan. Maka kita perlu menambahkan efek fade out ini pada blok music. Ini sangat penting agar music tidak terdengar seperti terputus atau berhenti secara tiba-tiba. 

Dengan menambahkan efek Fade Out pada Music. Maka volume akan mengecil secara bertahap sampai akhirnya berhenti ketika durasi video akan mencapai titik akhir. Kita dapat mencari efek ini dengan cara mengetikkan kata Fade pada kolom pencarian effect di Adobe Premiere. 

Setelah itu carilah efek yang Bernama Exponential Fade. Kemudian drag and drop Kearah bagian akhir blok music. Ya bagian akhir karena ini adalah fade-out. Jika di bagian awal Namanya Fade-in 

5. Atur Durasi Fade Out

Kemudian kita juga perlu mengatur durasi fade outnya agar harmonis dengan video promosi. Untuk mengatur durasi fade out kita perlu mengarahkan pointer ke bagian akhir blok music kemudian klik kotak kecil yang merupakan efek exponential fade. 

Selanjutnya kita perlu cari dan klik Tab efek control untuk menampilkan menu dari efek exponential fade tersebut. Setelah itu pada bagian duration isilah durasi yang kita perlukan. Dalam hal ini saya menggunakan durasi 00:00:01:75. Angka ini sering saya pakai juga di Power Point. 

Musik dan durasi telah ditambahakan ke dalam video promosi. Dan sudah siap untuk di posting ke media sosial. 

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikanlah informasi yang dapat saya berikan mengenai cara menambahkan music di video menggunakan software Adobe Premiere. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Related Posts

Posting Komentar