Cara Membuat Penjadwalan Shutdown Otomatis dari CMD dan Aplikasi

Posting Komentar

Cara Membuat Penjadwalan Shutdown Otomatis dari CMD dan Aplikasi
Cara Membuat Penjadwalan Shutdown Otomatis.

Waktu pertama kali buka praktek service laptop, Saya sering banget gonta ganti start-up. Soalnya hingga saat ini terdapat dua struktur partisi yaitu MBR dan GPT. Terus terang saja merintis usaha memang tidak mudah.

Cara Membuat Penjadwalan Shutdown Otomatis dari CMD dan Aplikasi

Cerita Pengantar

Waktu itu masih ada user yang menggunakan system operasi windows 7 ada juga yang menggunakan Windows 10. Ada yang MBR dan juga GPT pada struktur hardisknya. Sementara saya waktu itu hanya memiliki 2 buah memory card beserta card readernya. Keduanya di kasih oleh seorang kakak yang sangat baik hati dan selalu mendukung usaha yang saya rintis ini.

Jadi intinya saya seringkali gonta ganti start up dengan struktur partisi yang harus disesuaikan dengan hardisk user.

Setelah sekian lama saya buka praktek ada beberapa user yang minta laptop-nya di install ulang. Hari demi hari berganti modal semakin bertambah dan cukup untuk membeli memory card (SD Card). Dan akhirnya saya bisa menyediakan instalasi windows dengan struktur partisi MBR dan juga GPT

Waktu yang saya butuhkan untuk membuat Start-up Windows menggunakan rufus yaitu kisaran 1,5 jam. Mungkin waktu ini cukup lama soalnya CPU yang saya gunakan masih Core 2 Duo. Start-up yang mau dibuat adalah Win 7 dan Win 10 dengan format GPT

Kemudian saya akan mulai membuat start-up pada jam 7 malam karena di jam jam tersebut itu sudah mulai sepi order alias sudah mulai senggang. Perkiraan waktu selesai Jam 9:30 malam. Sedangkan Toko tutup jam 9:30 malam.

Cara Membuat Penjadwalan Shutdown Otomatis dari CMD dan Aplikasi

Solusi Saat Kelupaan dan Ketiduran

Pada saat toko tutup saya harus pulang ke rumah. Semua perlengkapan eletronik harus dimatikan seperti lampu, televisi termasuk komputer yang masih dipakai untuk membuat start-up. Nah Ini berarti saya harus menjadwalkan shut down agar komputer mati di jam yang sudah di tentukan.

Saya setting komputer agar shut down otomatis jam 10 malam. Waktu itu saya setting melalui command line dengan perintah sebagai berikut :

shutdown -s -t 10800

shutdown adalah perintah untuk melakukan shutdown pada system

-s adalah opsi untuk melakukan shutdown (menyimpan data dan mematikan)

-t 10800 adalah opsi untuk menentukan waktu delay sebelum melakukan shutdown, dalam hitungan detik. Karena waktu yang saya butuhkan adalah 3 jam jadi cara menghitungnya adalah sebagai berikut : 3 jam x 60 menit x 60 detik = 10800

Sekarang saya telah menemukan cara yang lebih mudah dalam melakukan penjadwalan shutdown. Yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bernama Shutdown Scheduler. Aplikasi ini meruapakan aplikasi antik. Tapi masih bisa digunakan di Win 11.

Cara mendapatkan aplikasi ini juga cukup mudah, cukup buka browser dan ketik Shutdown Scheduler kemudian tekan enter. Saya memilih yang dari uptown itu ada di urutan kedua kalau tidak salah . Ukurannya sangat kecil hanya 5.5 MB.

Cara Membuat Penjadwalan Shutdown Otomatis dari CMD dan Aplikasi

Instalasi dan Setting yang Praktis

Instalasinya juga sangat mudah, tinggal double klik program yang sudah di download kemudian klik Next dan pilih Agree kemudian klik Next lagi. Tunggu sampai proses install selesai. Setelah itu kita langsung saja buka programnya.

Silahkan lakukan setting sesuai dengan hari yang kamu inginkan dan waktu yang kamu tentukan dan jangan lupa untuk kasih centang pada bagian “Scheduler Enabled” agar penjadwalan bisa langsung dijalankan sesuai dengan waktu yang sudah kita jadwalkan.

Sekarang saya tidak perlu khawatir lagi jika tiba tiba ketiduran sebelum jam 9 malam dan baru mendusin jam 11 malam. Karena saya sudah jadwalkan shutdown setiap hari pada jam 9 malam. Jadi Ketika saya terbangung ditengah malam, komputer sudah dalam keadaan mati. Tinggal cabut colokannya dan aman deh hehehe.

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat penjadwalan shutdown otomatis dari CMD dan aplikasi. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Related Posts

Posting Komentar