Oh Jadi Gini Toh Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Posting Komentar
File adalah kumpulan data yang tersimpan dalam media penyimpanan komputer, seperti hard drive, flash drive, atau bahkan dalam cloud storage.

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus,

File adalah kumpulan data yang tersimpan dalam media penyimpanan komputer, seperti hard drive, flash drive, atau bahkan dalam cloud storage. File dapat berupa dokumen teks, gambar, video, audio, program aplikasi, atau jenis data lainnya. 

Oh Jadi Gini Toh Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Tidak Sengaja Terhapus

Setiap file memiliki nama unik dan format tertentu yang menentukan bagaimana data tersebut disusun dan ditampilkan oleh program yang sesuai. Dengan file, pengguna dapat menyimpan, mengatur, dan mengakses informasi secara digital melalui berbagai perangkat komputer atau mobile device.

Terkadang, file bisa terhapus secara tidak sengaja oleh pengguna. Mereka mungkin salah menekan tombol delete atau memindahkan file ke tempat yang salah.  

File yang terhapus mungkin berisi informasi penting, seperti dokumen pekerjaan, foto kenangan, catatan kuliah, atau file penting lainnya. Seseorang mungkin ingin mengembalikan file tersebut karena mereka membutuhkannya untuk melanjutkan pekerjaan atau proyek tertentu.

Oh Jadi Gini Toh Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus

Untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Cek Recycle Bin

Pertama, periksa Recycle Bin di laptop Anda. Banyak file yang dihapus secara tidak sengaja masih dapat ditemukan di Recycle Bin dan dapat dikembalikan dengan mengklik kanan file dan memilih opsi "Restore".

2. Gunakan fitur Restore Previous Versions

Windows memiliki fitur "Restore Previous Versions" yang memungkinkan Anda untuk mengembalikan versi sebelumnya dari file atau folder tertentu. Klik kanan pada file atau folder yang ingin dikembalikan, pilih "Properties", lalu buka tab "Previous Versions" untuk melihat versi-versi sebelumnya yang tersedia.

Tetapi sebelumnya kita harus membuat (Create) Restore point terlebih dahulu dengan cara membuka Control Panel > Pilih System and Security > Klik System > Pilih System Protection > Pilih drive yang ingin Anda buat restore point-nya (biasanya C:) > Klik tombol Create > Beri deskripsi yang jelas untuk restore point yang akan Anda buat.

JadI Kita harus rutin membuat restore point di saat mulai dan setelah selesai mengerjakan sesuatu di laptop kita. Kita bisa membuat nama START saat membuat system restore point ketika baru memulai pekerjaan. Kemudian setelah selesai mengejarkan sesuat kita buat satu lagi restore point dengan nama END.

Fitur ini tidak berfungsi jika file anda hilang sebelum anda membuat restore point

3. Gunakan software pemulihan data

Jika file yang terhapus tidak dapat ditemukan di Recycle Bin atau melalui fitur bawaan Windows, Anda bisa menggunakan software pemulihan data pihak ketiga seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, atau MiniTool Power Data Recovery. Caranya sangat mudah sekali kita hanya perlu mendownload dan mengisntall software-nya setelah itu kita tinggal Ikuti saja instruksi dari software itu untuk memulihkan file yang hilang.

Oh Jadi Gini Toh Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Hal Yang Perlu Di Perhatikan 

Pastikan untuk tidak menyimpan atau membuat perubahan apapun pada drive tempat file tersebut dulunya berada sebelum mencoba mengembalikan file, karena hal tersebut dapat membuat proses pemulihan menjadi lebih sulit atau bahkan tidak berhasil.

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di laptop. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Related Posts

Posting Komentar