Apakah Laptop /PC Anda Sudah Dipasang SSD ? Begini Cara Ceknya

Posting Komentar

Cara Melihat Apakah Laptop /PC Anda Sudah Dipasang SSD 

SSD adalah singkatan dari “Solid State Drive”. Ini adalah jenis penyimpanan data non-volatile yang menggunakan teknologi flash untuk menyimpan informasi.

SSD biasanya lebih cepat dan lebih tahan terhadap kejutan daripada hard drive tradisional, membuatnya menjadi pilihan yang popular untuk laptop dan pengguna desktop yang membutuhkan kinerja yang lebih cepat.

Cara Melihat Apakah Laptop /PC Anda Sudah Dipasang SSD atau Belum

Ada beberapa alasan mengapa SSD lebih cepat daripada hard drive biasa :

1. Tidak Ada Bagian Yang Bergerak

Hard drive biasa memliki bagian yang bergerak seperti piringan dan penutup kepala. Hal ini menyebabkan keterlambatan dalam memuat dan membaca data. SSD tidak memiliki bagian yang bergerak, sehingga dapat membaca dan menulis data lebih cepat.

2. Kecepatan Transfer Data Yang Lebih Tinggi 

SSD memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi daripada hard drive biasa. Ini disebabkan oleh teknologi yang lebih baik dan akses langsung ke memori.

3. Waktu Akses Yang Lebih Singkat

SSD memiliki waktu akses yang lebih singkat daripada hard drive biasa, artinya waktu yang dibutuhkan untuk mengakses data lebih cepat. Ini terjadi karena SSD tidak perlu mencari data pada piringan seperti hard drive biasa.

4. Perbaikan Kecepatan Booting

SSD juga dapat mempercepat waktu booting karena system operasi dapat dimuat dengan lebih cepat dan data yang diperlukan untuk booting lebih cepat diakses.

Cara Melihat Apakah Laptop /PC Anda Sudah Dipasang SSD atau Belum

Adapun beberapa manfaat yang dapat kita rasakan apabila Laptop /PC kita menggunakan SSD yaitu :

1. Kecepatan Baca Tulis Data

Dengan penggunaan teknologi NAND flash, SSD memiliki kecepatan baca dan tulis data yang jauh lebih cepat daripada hard disk drive yang menggunakan magnetic dan piringan.

2. Akses File Lebih Cepat

SSD dapat mengakses file lebih cepat dari hard drive. Hal ini karena SSD tidak memerlukan waktu untuk memutar pringan seperti pada hard drive

3. Kinerja System Menjadi Lebih Baik

Dengan kecepatan baca dan tulis yang meningkat, kinerja system secara keseluruhan juga akan meningkat. Aplikasi dan program akan lebih cepat dijalankan dan tidak terlalu banyak menunggu loading.

4. Hemat Energi

Solid State Drive memerlukan daya lebih sedikit daripada hard drive. Hal ini dapat mempengaruhi penghematan daya yang signifikan pada perangkat elektronik seperti laptop dan tablet.

5. Tahan Lama

Lebih tahan lama dan lebih tahan terhadap guncangan, getaran, dan kerusakan mekanis. Hal ini karena SSD tidak memiliki bagian mekanis seperti piringan dan kepala baca/ tulis pada hard drive.

6. Lebih Ringan

SSD lebih ringan dari hard drive karena tidak memiliki bagian mekanis

7. Kapasitas Penyimpanan Yang Lebih Besar 

Meskipun hard drive masih memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar daripada SSD, namun SSD saat ini sudah memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan harga yang semakin terjangkau, kini ia menjadi solusi penyimpanan yang paling popular

Cara Melihat Apakah Laptop /PC Anda Sudah Dipasang SSD atau Belum

Untuk melihat apakah Laptop /PC Anda sudah di pasang SSD atau belum. Di bawah ini saya akan beritahukan Langkah-langkahnya :

Cara Pertama :


1. Masuk ke File Explorer

2. Klik “This PC”

3. Klik kanan pada Drive yang mau di lihat misalnya Local Disk C:

4. Selanjutnya klik Properties Setelah itu klik pada Tab “Hardware”

Cara Kedua :


1. Ketikkan “Defragment” pada kolom search di taskbar

2. Kemudian klik “Open”

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara melihat apakah laptop /PC Anda sudah dipasang SSD atau belum. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi dipostingan berikutnya. 


Related Posts

Posting Komentar