Cara Mengatasi Jendela Save As Muncul Berulang-Ulang Di Ms Word

1 komentar

Cara Mengatasi Jendela Save As Muncul Berulang-Ulang.

Suatu hari ada User dari Babelan datang membawa laptop ke tempat praktek yang sekaligus menjadi rumah saya juga. User itu bilang gini ke saya, “Bro ini Microsoft Word-nya agak aneh. Pas lagi Save As dia malah muncul berulang-ulang.

Cara Mengatasi Jendela Save As Muncul Berulang-Ulang Di Ms Word

Tidak Bisa Di-save, Tidak Bisa Di-close

Di close gak bisa, kemudian di save juga gak bisa. Kemudian saya coba untuk melihat secara langsung. Ternyata begitu tombol Save As di klik, jendela Save As yang terbuka harusnya tertutup kembali setelah kita klik save atau canel.

Tapi yang terjadi ternyata adalah sebaliknya, jendela Save As kembali terbuka. Saya klik tombol Close juga tidak bisa. Yang muncul dan balik lagi ke jendela Save As lagi. Kemudian saya coba menggunakan tombol Alt+F4. 

Lalu saat itu juga saya beritahu User-nya kalau Micorsoft Word-nya sudah berfungsi seperti biasa. Kemudian laptop langsung diambil oleh User tersebut. Tapi setelah beberapa hari kemudian User itu telpon saya dia bilang gini “Bro Micorsoft Word-nya kumat lagi nih kayak kemarin, mending diinstall ulang aja bro office-nya”

Hasil Test Keyboard 

Saya sih ikutin aja apa kemauan User. Tidak pake lama office-nya saya install ulang. Dan ternyata hal itu tidak merubah keadaan sama sekali. Jendela Save As kembali muncul berulang-ulang dan tidak bisa di close.

Saya berpikir ini berarti ada masalah yang lain. Sepertinya yang bermasalah bukan office-nya tapi keyboardnya. Kemudian saya aktfikan tools yang ada pada DLC boot manager. Tools itu Bernama Keybord Test dari Passmark Software.

Cara Mengatasi Jendela Save As Muncul Berulang-Ulang Di Ms Word

Dari sana saya melihat bahwa tombol F12 menekan sendiri secara terus menerus tanpa henti. Waktu pertama kali user itu datang, mungkin rusaknya belum begitu parah. Setelah beberapa hari kemudian baru terlihat kerusakan yang sebenarnya.

Cara Mengatasi Jendela Save As Muncul Berulang-Ulang Di Ms Word

Fungsi Tombol F12

Fungsi dari tombol F12 pada Microsoft Word adalah untuk memanggil atau membuka jendel Save As. Nah karena tombol F12-ya error jadi jendela Save As nya muncul terus dan tidak bisa di tutup. Masih mendingan kalu bisa save dokumen. Ini tidak bisa sama sekali.

Ketika di klik save bukannya menyimpan malah kembali lagi dari awal jendela Save As muncul.

Untuk mengatasi permasalhan ini juga sebenarnya tidak sulit. Tombol F12 itu jarang sekali di pakai dalam perkerjaan sehari-hari meskipun untuk teknisi tombol itu sangat berguna untuk memilih boot mana yang mau dijalankan, namun hal itu masih bisa diatasi dari pengaturan BIOS.

Cara Mengatasi Jendela Save As Muncul Berulang-Ulang Di Ms Word

Disable Tombol F12

Nah berhubung tombol F12 jarang digunakan maka yang perlu dilakukan adalah menonaktifkan tombol ini. Caranya sangat mudah sekali. Di bawah ini saya akan beritahu Langkah-langkahnya.

1. Download dan install aplikasi Key Tweak

2. Jalankan Aplikasi Key Tweak

3. Setelah itu cari letak tombol F12 pada keyboard virtual yang terbuka di Aplikasi itu

4. Kalau sudah ketemu klik tombol itu dan klik tombol Disable

5. Jika aplikasi meminta untuk me-restart komputer pilih saja Yes



Setelah melakukan Langkah-langkah di atas sudah dapat dipastikan tombol F12 sudah tidak aktif lagi dan tentunya tidak dapat digunakan lagi.

Akan tetapi permasalahan jendela Save As yang terbuka berulan kali juga sudah teratasi dengan demikian user dapat bekerja dengan Microsoft Word seperti biasanya.

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi jendela Save As muncul berulang-ulang Di Ms Word. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar