Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Dengan Cara Mudah Dan Sederhana

Posting Komentar


Baterai laptop memungkinkan pengguna untuk menggunakan laptop tanpa harus terkoneksi dengan sumber daya listrik selama beberapa jam,

Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop.

Baterai laptop memiliki peran yang sangat penting dalam kinerja laptop, terutama dalam hal portabilitas dan mobilitas pengguna. 

Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Dengan Cara Mudah Dan Sederhana

Baterai Sebagai Backup Daya

Baterai laptop memungkinkan pengguna untuk menggunakan laptop tanpa harus terkoneksi dengan sumber daya listrik selama beberapa jam, yang membuat laptop menjadi perangkat yang mudah dibawa ke mana saja.

Selain itu dia juga berfungsi sebagai backup daya ketika sumber listrik utama tidak tersedia atau sedang bermasalah seperti saat mati lampu atau ada pemadaman listrik secara dadakan, sehingga kita tetap dapat menggunakan laptop tanpa kehilangan data atau pekerjaan yang sedang dilakukan.

Dengan baterai laptop yang sehat, pengguna dapat bekerja di tempat-tempat yang tidak memiliki soket listrik, seperti saat bepergian atau bekerja di luar ruangan.

Kesehatan baterai yang baik juga dapat mempengaruhi umur dan kinerja keseluruhan laptop. Dengan merawat baterai secara baik, pengguna dapat memperpanjang umur baterai dan laptop secara keseluruhan.

Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Dengan Cara Mudah Dan Sederhana

Kenali Gejala Gejalanya

Untuk mengetahui kondisi baterai laptop kita saat ini kita harus mengetahui dan melihat apakah ada indikasi yang menunjukkan penurunan kinerja atau tidak. Di bawah ini akan kami sebutkan beberapa gejala gejala yang dapat menunjukkan kondisi kinerja baterai laptop sudah menurun :

  • Kapasitas baterai cepat habis atau tidak bertahan lama.
  • Laptop sering mati mendadak meskipun indikator baterai masih menunjukkan daya tersisa.
  • Baterai laptop terasa panas saat digunakan.
  • Baterai tidak terisi penuh, bahkan setelah di-charge dalam waktu yang cukup lama.
  • Laptop sering terjadi shutdown mendadak tanpa pemberitahuan.

Cobalah untuk periksa secara berkala kondisi fisik baterai laptop kita. Jika terlihat bengkak, aus, atau rusak, mungkin sudah waktunya untuk menggantinya.

Umumnya baterai laptop juga memiliki daya tahan (Durasi) DI rentang waktu sekitar 8-12 jam aitupun tergantung pada penggunaan dan kondisi baterai. 

Namun, seperti halnya dengan baterai lainnya, faktor-faktor seperti jenis laptop, aktivitas yang dilakukan, dan pengaturan daya juga dapat memengaruhi seberapa lama baterai laptop dapat bertahan.

Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop Dengan Cara Mudah Dan Sederhana

Perihal Daya Tahan

Biasanya laptop yang masih baru jika digunakan untuk aktifitas biasa sehari hari dia mampu bertahan sampai 8 jam. Jika di gunakan untuk streaming online video biasanya daya tahannya menjadi 4 jam saja. Dalam kondisi Idle (tidak ada aktifitas tapi masih dalam keadaan menyala) umumnya bisa bertahan sampai 12 jam

Nah kalau laptop seken biasanya hanya tahan separuhnya saja atau malah kurang. Untuk kegiatan sehari hari hanya ngetik ngetik browsing dan sosmed biasanya daya tahannya bisa mencapai 4 jam. Untuk streaming online video laptop seken biasanya mampu bertahan selama 2 jam. Kemudian dalam keadaan idle dia sanggup bertahan selama 4 jam.

Jika diperlukan Anda dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga seperti BatteryInfoView untuk Windows atau CoconutBattery untuk macOS untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang kesehatan baterai Anda.

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara cek Kesehatan baterai laptop. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di postingan berikunya.

Related Posts

Posting Komentar