Cara Membuat Efek Lipatan dan Tekstur Kain Dengan Adobe Photoshop

Posting Komentar

Cara Membuat Efek Lipatan dan Tekstur Kain.

Kegemaran membeli pakaian sering dilakukan kaum hawa, sayangnya warna kain yang terlihat bagus pada patung peraga belum tentu sesuai dengan keinginan. Agar tidak keliru membeli warna busana yang kurang cocok, ada baiknya mencoba tips berikut ini untuk mengaplikasikan sebuah busana pada foto Anda.

Cara Membuat Efek Lipatan dan Tekstur Kain Dengan Adobe Photoshop

1. Siapkan Kedua Foto

Cara Membuat Efek Lipatan dan Tekstur Kain Dengan Adobe Photoshop

Sebelumnya Anda harus menyiapkan dua buah foto, yaitu foto tekstur kain yang akan Anda gunakan sebagai pendukung motif dan warna, atau tekstur bahan apapun yang Anda inginkan, sedangkan foto kedua adalah foto yang akan dijadikan model.

Buka keduanya pada kanvas kerja Photoshop dari menu File - Open atau menggunakan shortcut Ctrl-O. Kemudian gunakan Move Tool untuk menarik layer tekstur tersebut menjadi satu dengan kanvas berisi gambar patung. Persiapan Anda telah selesai.

2. Aplikasikan Gradient

Tempatkan gambar tekstur tersebut tepat di atas bagian yang akan Anda tutupi, Kemudian tekan Ctrl pada keyboard Anda dan bersamaan mengklik layer tersebut untuk mendapatkan seleksi.

Ciptakan layer baru dari menu Layer -New - Layer dengan nama “gradasi”. Klik icon Gradient Tool dengan opsi Linear Gradient dengan kombinasi warna hitam ke putih. Pilih Mode: Difference pada option bar.

Apikasikan gradient dari sisi kiri ke arah kanan dan sebaliknya sehingga diperoleh efek berikut.

3. Kombinasikan Warna Gradasi

Ulangi langkah di atas sebanyak 8-9 kali sehingga Anda mendapatkan hasil seperti pada gambar. Untuk memberi variasi warna, Anda dapat mengklik tanda Create new fill or adjustment layer pada panel layer.

Pilih opsi Gradient untuk masuk pada gradient editor. Gunakan color stop untuk memilih perpaduan warna sesuai tekstur Anda dengan kombinasi dari warna terang ke gelap. Klik OK. Pada panel layer, ubah mode layer tersebut dari Normal ke Multiply.

Cara Membuat Efek Lipatan dan Tekstur Kain Dengan Adobe Photoshop

4. Ciptakan Tekstur Kain

Cara Membuat Efek Lipatan dan Tekstur Kain Dengan Adobe Photoshop

Kini Anda memiliki empat layer dengan urutan layer Gradient Fill, layer Gradasi, layer Tekstur rumput dan layer Background, sembari aktif pada layer Gradient Fill, tekan Ctrl-E atau menu Layer - Merge Down untuk menggabungkan dua layer teratas.

Set mode Multiply pada layer yang tercipta kemudian, selanjutnya ulangi lagi langkah sebelumnya untuk menggabungkan layer ini dan layer tekstur di bawahnya. Beri nama layer Kain.

5. Selaraskan Tekstur Kain

Cara Membuat Efek Lipatan dan Tekstur Kain Dengan Adobe Photoshop

Kini Anda telah memiliki kain bertekstur, selanjutnya tinggal mengaplikasikannya pada patung tersebut. Masuk ke menu Edit - Transform - Rotate 90 CW. Berikutnya masuk ke menu Filter - Distort - Pinch.

Duplikasi tekstur kain dengan menekan Ctrl-J. Klik icon mata pada layer duplikasi untuk menghilangkannya sementara. Tekan Ctrl T pada layer Kain dan klik kanan untuk memunculkan pilihan Warp.

Tarik gambar tersebut untuk memberi arah sesuai dengan alur kain.

6. Sempurnakan Efek Lipatan

Duplikasikan layer tersebut dengan menekan Ctrl J. Gunakan cara yang sama untuk membelokkan arah lipatan kain mengikuti alur sehingga seluruh bagian yang akan ditutupi telah tersembunyi dengan sempurna.

Hapus bagianbagian yang tidak diinginkan dan perhalus lipatan kain dengan menggunakan Smudge Tool berukuran 25 px, Mode: Normal, Strength: 55%. Duplikasi tekstur menggunakan Stamp Tool dengan Opacity 70%.

Lakukan hal yang sama dengan bagian lainnya menggunakan duplikasi layer Kain sebelumnya.

Cara Membuat Efek Lipatan dan Tekstur Kain Dengan Adobe Photoshop

7. Hasil Akhir

Setelah selesai, maka Anda akan mendapatkan hasil seperti pada contoh. Patung tersebut kini telah didandani dengan kain berwarna yang terlihat kontras dengan batu pahatan berwarna putih.

Anda juga dapat berkreasi menggunakan foto-foto Anda sendiri dengan bereksperimen mengganti tekstur alami pakaian Anda menjadi motif yang Anda sukai. 

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat efek lipatan dan tekstur kain dengan Adobe Photoshop. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Related Posts

Posting Komentar