Cara Mencetak Pas Foto yang Background-nya Berwarna Putih Polos

Posting Komentar

Cara Mencetak Pas Foto.

Setiap hari selalu berada di depan komputer hingga saya teringat suatu pernyataan yang diucapkan oleh wali kelas saya sewaktu saya masih duduk dibangku sekolah. Beliau berkata seperti ini : “Nanti di masa depan seseorang bisa hidup hanya dengan satu komputer saja’’.

Cara Mencetak Pas Foto yang Background-nya Berwarna Putih Polos

Ukuran dan Jumlahnya

Saya terdiam sambil merenungi pernyataan yang diucapkan wali kelas saya. Ternyata yang diucapkan beliau ada benarnya juga walaupun tidak sepenuhnya. Tapi di dalam hati saya masih ada pertanyaan yang belum terjawab hingga akhirnya berdebat dengan diri sendiri alias jadi kepikiran.

Larut dalam perdebatan diri sendiri dalam waktu yang cukup lama sampai akhirnya saya di kejutkan oleh seseorang yang mengetuk ngetuk etalase toko saya dengan menggunakan uang koin sambil berkata mas, mas saya mau cetak foto dong, bisa ga ya ?

Karena kegiatan saya tiap hari berhubungan juga dengan cetak mencetak jadi saya jawab bisa. Saya juga menanyakan berapa banyak dan berapa ukurannya. Dan jawaban yang saya dapatkan adalah 4x6 untuk ukurannya kemudian 6 lembar untuk kuantitasnya.

Proses Pengiriman File

Walaupun sebenarnya pada contoh kali ini ukuran yang saya gunakan bukanlah ukuran 4x6 ya teman-teman.

Setelah mengetahui ukuran dan jumlahnya saya pun minta file yang mau dicetak dikirim melalui Bluetooth. Kemudian foto yang tadi sudah dikirim saya buka melalui PC andalan saya. Dan ternyata foto yang harus saya cetak kali ini memiliki background berwana putih.

Yang saya pikirkan adalah bagaimana cara memotongnya nanti setelah di cetak. Karena warna nya menjadi putih semua, yang terlihat hanyalah gambar dari seseorang yang berada di dalam foto itu. Kalau asal potong saja nanti ukuran akan menjadi berbeda.

Ada Cara yang Terpikirkan

Hanya ada satu cara yang terpikirkan oleh saya yaitu foto ini harus memiliki garis tepi atau pembatas di tiap sisi nya. Agar pada saat memotong nanti tidak merubah ukurannya. Baiklah solusinya sudah ada dipikiran saya.

Namun aplikasi apa yang harus saya gunakan untuk melakukan pekerjaan ini. Di tahap ini ada dua aplikasi yang muncul dalam benak saya. Yang pertama dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office Word yaitu dengan membuat shape yang berukuran sesuai dengan foto lalu memasukkan foto kedalamnya.

Namun Langkah ini terlalu Panjang dibandingkan dengan menggunakan adobe photoshop. Cara mencetak pas foto yang background-nya berwarna putih polos dengan cara menambahkan garis pembatas di setiap sisinya akan lebih mudah dilakukan dengan menggunkan Adobe Photoshop.

Berikut ini adalah Langkah-langkah nya

Cara Mencetak Pas Foto yang Background-nya Berwarna Putih Polos

1. Siapkan Foto

Seperti biasa, Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan foto yang ingin di cetak. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Adobe Photoshop. Kemudian pilih menu file kemudian klik Open.

Carilah foto yang ingin kita cetak. Setelah itu kita pilih kemudian klik Tombol Open. Dalam contoh kali ini saya menggunakan foto laptop yang dengan background putih berbentuk persegi.

2. Duplicate Layer

Lakukan duplicate pada foto layer. Caranya klik gambar yang ada di jendela layer, kemudian klik kanan pada gambar itu dan pilih duplicate layer. Lalu klik OK

3. Atur Layer Style

Pergi ke menu Layer dan cari layer style kemudian klik pada menu stroke. Setelah itu akan muncul jendela layer style. Pada bagian color aturlah warna dengan warna pembatas yang kita inginkan misalnya warna merah.

Cara Mencetak Pas Foto yang Background-nya Berwarna Putih Polos

4. Siapkan Canvas Baru

Buatlah canvas baru dengan mencari menu file dan klik New atur ukurannya sesuai dengan yang di butuhkan dalam hal ini saya mengaturnya ke ukuran 210 mm x 330 mm. Lalu pilih tool ‘’Move Tool’’ lalu drag and drop foto yang mau di cetak ke kanvas yang baru.

Sesuaikanlah ukurannya bila sudah sesuai perbanyaklah dengan cara menekan tombol ‘’Alt + Klik’’ lalu geser ke samping atau ke bawah.

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mencetak pas foto yang background-nya berwarna putih polos. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Foto Tidak Dapat Dibuka di Adobe Photoshop

Related Posts

Posting Komentar