Cara Mengatasi USB Is Not Recognized Pada Printer Canon MF4750

Posting Komentar

Cara Mengatasi USB Is Not Recognized.

Printer Canon MF4750 merupakan printer monochrome multifungsi yang bisa digunakan untuk print, scan, dan copy. Meski ukurannya kecil tapi performanya cukup baik dan sangat cocok untuk dipakai usaha kecil kecilan.

Cara Mengatasi USB Is Not Recognized Pada Printer Canon MF4750 

Kecil Tapi Handal

Penggunaan printer MF4750 sangat mudah. Kapasitas cetaknya juga cukup banyak sampai 2100 halaman. Pengisian ulang tonernya juga terbilang tidak begitu sulit. Tergantung  jenis dan type catridgenya.

Di postingan berikutnya saya akan beritahu bagaimana cara melakukan pengisian toner Canon MF4750. Sehingga kita bisa lebih menghemat dan mendapatkan keuntungan walaupun tidak begitu banyak. Pada waktu membeli printer jenis apapun, agar bisa digunakan maka kita diharuskan untuk melakukan instalasi drivernya terlebih dahulu. 

Ada yang disertakan berbentuk CD /DVD atau bisa juga langsung download dari situs resminya. Printer Canon MF4750 yang saya gunakan saat ini adalah printer seken. Driver nya tidak disertakan baik berbentuk CD maupun DVD. Untuk itulah saya langsung download saja drivernya dari situs resminya.

Permahasahalan yang Dialami

Download berjalan lancar tanpa kendala. Kemudian proses instalasi langsung saya jalankan. Perlu kita ketahui bersama, sebelum melakukan instalasi driver printer, jangan dulu meng-koneksikan kabel data USB-nya ke Laptop atau PC nya.

Kita harus menunggu Sampai muncul keterangan yang mengharuskan kita untuk menyambungkan kabel data USB-nya. Nah disinilah Kendala itu muncul pada printer Canon MF4750 yang saya gunakan ini.

Begitu proses instalasi driver hampir selesai. System meminta untuk menyambungkan kabel data USB-nya ke PC. Namun Ketika sudah disambungkan apa yang terjadi ? ternyata munculah pernyataan USB is Not Recognized dari taskbar sebelah kanan bawah ( tangan kanan kalo kita bercermin).

Cara Mengatasi USB Is Not Recognized Pada Printer Canon MF4750

Upaya yang Sudah Dilakukan

Saya coba pindahkan kabel data USB-nya ke Port yang lain namun pernyataan itu masih belum hilang dan akhirnya driver printer Canon MF4750 belum terinstall dengan sempurna dan belum bisa digunakan untuk melakukan scan dan print melalui PC.

Akan Tetapi fitur Copy masih bisa digunakan walaupun belum tersambung ke PC. Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan USB is Not Recognized pada printer Canon MF4750 ini ? Baiklah saya akan memberitahukan bagaimana cara mengatasi USB is Not Recognized pada printer Canon MF4750. 

Berikut Langkah-langkahnya :

Cara Mengatasi USB Is Not Recognized Pada Printer Canon MF4750 

1. Buka Device Manager

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kita harus membuka device manager terlebih dahulu dengan cara klik icon windows di taskbar. Pada kolom pencarian ketikkan “Device Manager”. Cari Icon Device Manager kemudian klik untuk menampilkan isi device yang terinstall di system PC kita masing-masing.

2. Enhanced Host Controler VS Enchanced Armamento

Saya jadi teringat sebuah film serial anime yang cukup popular dengan sebutan SAO. Di mana karakter utamanya harus mengaktifkan fitur Enchanced Armamento baru bisa menggunakan jurus pamungkasnya hehehe.

Namun kalo dalam permasalahan kali ini saya justru harus menonaktifkannya. Tapi fitur yang harus dinonaktifkan adalah fitur Enhanced USB2 Host Controller 27CC. Fitur tersebut dapat kita temukan di bagian Universal Serial Bus Controller. 

Jadi terlebih dahulu kita harus mencari device dengan nama Universal Serial Bus Controller. Setelah itu klik dua kali dibagian itu maka di bawahnya akan muncul device yang berada di bawah kendalinya. Setelah itu cari device dengan nama “Enhanced USB2 Host Controller 27CC”.

Cara Mengatasi USB Is Not Recognized Pada Printer Canon MF4750

Cara Mengatasi USB Is Not Recognized Pada Printer Canon MF4750 

3. Enable /Disable VS Release Recollection

Pada Episode Terakhir pemeran utama pada Anime SAO menggunakan fitur Release Recollection untuk mengembalikan bagian tubuh nya yang sudah menghilang. Kita juga akan menggunakan fitur yang mirip dengannya yaitu enable dan disable device bagaimana caranya ?

Setelah kita menemukan device dengan nama “Enchanced USB2 Host Controller 27CC”. Langsung saja kita klik kanan pada device itu kemudian pilih dan klik Disable. Maka permasalahannya USB is not recognized sudah selesai.

Untuk memastikannya anda bisa pergi ke control panel dan buka menu device and printer. Klik kanan pada printer MF4750. Pada menu pop up akan muncul menu Start Scan. Dan akhirnya printer ini sudah bisa digunakan untuk scan, print dan copy.

Namun apabila tindakan ini berefek pada device yang lain, anda  bisa meng-enable-kannya lagi dengan cara yang hampir sama seperti di atas namun di bagian akhir pilih dan klik Enable. Mainkan enable dan disable sesuai dengan kebutuhan.

Satu Hal lagi yang perlu kita ketahui bahwa fitur Enhanced USB2 Host Controller 27CC  sejauh ini baru saya temui hanya di Windows 7 dan Windows 11 itu pun dengan menggunakan processor dual core.

Dan pada Windows 11 setelah memainkan enable dan disable kadang harus di restart dulu kadang tidak.

Untuk antisipasi saya selalu menyediakan laptop dan OS yang cocok dan dikhususkan untuk Printer Canon MF4750. 

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikianlah informasi yang dapat kami samapaikan mengenai Cara Mengatasi USB is Not Recognized pada Printer Canon MF4750. Mudah mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi dipostingan berikutnya. 

Baca Juga : Cara Mencetak Pas Foto yang Background-nya Berwarna Putih Polos

Related Posts

Posting Komentar