Cara Menghapus Background Foto dan Mengubahnya Menjadi Transparan

1 komentar

Cara Menghapus Background Foto.

Halo sahabat Blog Tekno Tik. Bagaimana kabarnya ? Semoga kalian semua baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips dan trik yang sederhana saja yang dapat dilakukan oleh semua orang tanpa memerlukan keahlian khusus.

Cara Menghapus Background Foto dan Mengubahnya Menjadi Transparan

Manfaat dan Tujuan

Trik ini biasa saya gunakan untuk kepentingan posting produk di media sosial maupun di marketplace. Sebelum posting produk biasanya saya selalu mengganti background-nya dengan background berwarna putih.

Mengapa saya memilih warna putih ? Tujuan adalah agar calon pembeli yang melihat produk akan lebih fokus ke produk yang diposting. Jika terlalu banyak gambar, saya khawatir mereka akan melihat kemana-mana dan akhirnya kehilangan fokus.

Untuk mengganti background pada sebuah foto produk. Biasanya saya menggunakan Adobe Photoshop kemudian saya memanfaatkan selection tools yang bernama pen tools (bukan pentol ya gaes hehehe…).

Penyebab Masalah dan Solusi

Namun sayangnya mouse kesayangan saya yang sudah banyak berjasa dalam kegiatan editing foto kali ini sedang mengalami sedikit kendala. Pergerakannya tidak semulus seperti biasanya. Namun masalah ini tidak terlalu memengaruhi pekerjaan saya. Karena saya sudah memiliki cara untuk mengantisipasinya. 

Dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan trik nya kepada sahabat Blog Tekno Tik yaitu mengenai cara menghapus background foto dan mengubahnya menjadi transparan tanpa menggunakan Adobe Photoshop. Serius ? Emang Bisa ?

Jawabannya bisa. Berikut ini adalah Langkah langkahnya :

Cara Menghapus Background Foto dan Mengubahnya Menjadi Transparan

1. Siapkan Foto

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan sebuah foto yang ingin kita hapus atau ganti background-nya. Dalam contoh kali ini saya menggunakan foto produk yang telah saya posting di marketplace yaitu sebuah laptop berwarna hitam.

Cara Menghapus Background Foto dan Mengubahnya Menjadi Transparan

2. Buka Browser

Siapkan koneksi internet yang baik dan stabil. Kemudian buka browser andalan kita masing masing. Dalam hal ini saya menggunakan Opera Browser. Browser ini sangat irit dan cocok untuk para pengguna kartu XL. Nah itulah Langkah kedua yang harus dilakukan

3. Kunjungi Situs RemoveBG

Ketikkan kata “remove bg” pada kolom pencarian browser andalan kita masing masing. Website-nya akan muncul di halaman pertama dan urutan pertama di halaman google. Jadi jangan ragu ragu lagi langsung klik dan masuklah kedalam situs tersebut.

Cara Menghapus Background Foto dan Mengubahnya Menjadi Transparan

4. Upload Foto

Setelah kita masuk ke Website RemoveBG. Yang perlu kita cari dan temukan adalah tombol Upload Image. Nyarinya gampang koq ga sampai satu jam juga ketemu hehehe…Oke setelah kita menemukan tombolnya langsung kita klik saja dan kemudian akan muncul menu pop up di sebelah kiri atas layar computer.

Cari dan temukan tombol lihat semua file. Langsung klik tombol tersebut jika sudah ditemukan. Apa yang terjadi. Computer kita akan memanggil windows explorer dan yang harus kita lakukan adalah mencari foto yang sudah disiapkan sebelumnya.

Double klik foto yang kita pilih. Kemudian proses menghapus background akan berjalan. Tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai.

5. Download Foto

Proses menghapus background tidak berlangsung lama (hanya hitungan detik saja). Setelah prosesnya selesai segera klik tombol download yang berada di sebelah kanan (tangan kanan kita gaes). Cari dan klik maka foto yang background-nya sudah dihapus akan masuk ke computer dan siap digunakan.

Cara Menghapus Background Foto dan Mengubahnya Menjadi Transparan

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengapus background foto dan mengubahnya menjadi transparan. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi dipostingan berikutnya.

Baca Juga : Cara Membuat Efek Awan Bernuansa Komik Menggunakan Adobe Photoshop

Related Posts

1 komentar

  1. benar, sekarang banyak sekali website yang bisa membantu untuk hapus background foto

    BalasHapus

Posting Komentar