Cara Membuat Running Text Menggunakan Microsoft Power Point

1 komentar

Cara Membuat Running Text.

Sebagai seorang pedagang yang jualan online, tentu saja saya akan mempromosikan produk-produk saya melalui media sosial. Posting dari satu grup ke grup yang lainnya sudah menjadi makanan sehari-hari.

Cara Membuat Running Text Menggunakan Microsoft Power Point

Untuk Keperluan Jualan

Hal yang sering saya alami dalam hal mempromosikan produk di media sosial merupakan sebuah kenyataan yang sebenarnya yaitu produk yang baru di posting satu kali baik itu di grup atau di wall kita sendiri tidak akan langsung laku terjual.

Sementara itu produk yang kita posting akan tenggelam semakin jauh seiring dengan berjalannya waktu. Hal itu dikarenakan banyak sekali orang yang memiliki tujuan yang sama dengan saya yaitu ingin mempromosikan sebuah produk yang ingin dijual.

Permasalahan mengenai tenggelamnya postingan mungkin dapat saya atasi dengan cara memposting ulang produk saya. Tapi saya merasa jika terus terusan di repost maka pihak media sosial akan menganggpanya sebagai Spam. Kemudian postingan pasti akan dihapus. 

Media sosial yang sering saya gunakan untuk promosi produk adalah Facebook. Platform ini memungkinkan penggunanya untuk membagikan produknya dari satu grup ke grup yang lainnya di Facebook. Berbeda dengan media sosial yang lainnya yang hanya mengizinkan kita untuk membagikan konten ke Platform yang lainnya misalnya Whatsapp dan lain-lain.

Bentuk Postingan yang Berbeda

Agar tidak dianggap spam oleh Facebook. Saya selalu mengubah bentuk postingan saya. Dari postingan tunggal. Kemudian postingan dengan beberapa gambar. Selain itu saya juga membuat postingan dari website lalu saya share ke Facebook.

Biasanya pada postingan bentuk ketiga produk akan terjual. Namun tidak seperti biasanya sudah sampai bentuk ketiga belum ada produk yang terjual. Tentu saja saya harus repost lagi tapi bentuknya harus berbeda.

Lalu terlintas dipikiran saya untuk membuat sebuah video promosi yang bentuknya sederhana tapi pesan yang ada di dalamnya tersampaikan. Kemudian saya mengelompokkan produk menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompok terdiri dari tiga buah produk.

Singkat cerita video marketing yang sudah saya buat di dalamnya terdapat gambar produk dan juga spesifikasinya. Saya pun mulai membagikannya di Facebook. Dan akhirnya di postingan bentuk ke empat inilah ada produk yang terjual. Padahal ada salah satu postingan yang belum saya tambahkan alamat dan nomot telponnya.

Ada yang Perlu Ditambahkan

Sebenarnya itu tidak menjadi masalah karena mereka dapat melihat alamat dan nomor telpon dari profil Facebook atau dari video marketing yang sudah saya posting sebelumnya.

Namun pikiran saya terus tertuju pada konten yang belum ada alamat dan nomot telponnya itu. Sehingga saya harus meluangkan waktu untuk memikirkan solusi pada konten itu. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat di terapkan. 

Namun hal yang mudah dan cepat untuk diterapkan pada saat itu adalah menambahkan running text ke dalam video marketing yang telah saya buat sebelumnya. Running text adalah suatu bentuk tampilan text yang bergerak dari arah kiri ke kanan atau dari arah kanan ke kiri dalam suatu layar atau media publikasi, seperti televisi, papan reklame elektronik, atau website.

Jenis teks ini biasanya digunakan untuk menampilkan informasi, pesan, atau iklan secara kontinyu dan berulang-ulang dalam jankga waktu tertentu. Contohnya dapat dilihat pada halaman berita televisi, dimana informasi terbaru dan berita singkat ditampilkan dalam bentuk running text pada bagian bawah layar.

Cara Membuat Running Text Menggunakan Microsoft Power Point

Text yang Simpel Tapi Jelas

Untuk membuat running text kita memerlukan aplikasi yang biasa digunakan untuk editing video dan desain grafis. Misalnya, Adobe After Effects, Adobe Premiere Pro, Vegas Pro, EasyWorship, ProPresenter, Scrolling Text, Live by NewTek dan LED Studio by GZ ledSign.

Akan tetapi menurut Saya Aplikasi di atas merupakan aplikasi kelas berat yang biasanya digunakan pada pengguna tingkat lanjut atau mungkin sudah expert. Di postingan hari ini saya akan menerapkan running text ke dalam video marketing menggunakan power point saja.

Karena text yang akan saya tulis adalah text yang berisikan informasi dan alamat beserta No. Telpon supaya calon pembeli bisa mengetahui dan juga menghubungi saya jika mereka tertarik dan ingin membeli produk yang diposting di Facebook.

Selain itu membuat running text di power point akan jauh lebih mudah dalam mengatur tata letak shape, logo dan juga text yang mau ditampilkan. Tinggal klik kemudian drag and drop saja. Berbeda dengan aplikasi yang lainnya, Adobe premiere misalnya, kita harus mengatur scalenya, kemudian tidak bisa mengubah posisi dengan drag and drop seperti di power point.

Membuat Running Text di Power Point

Selain itu Power Point dapat berjalan pada computer dengan spesifikasi yang pas-pasan. Sementara Adobe Premiere membutuhkan spesifikasi computer tingkat menengah.

Baiklah, langsung saja menuju ke point utama yaitu bagaimana cara membuat running text menggunakan Power Point ? saya akan menjelaskan Langkah-langkahnya satu demi satu.


1. Siapkan Lembar Kerja

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyiapkan lembar kerja dengan cara membuka aplikasi Power Point kemudian Cari dan klik menu file >>> pilih New, lalu klik pada bagian Blank Presentation.

2. Siapkan Video

Setelah lembar kerja sudah siap Langkah berikutnya adalah menambahkan video ke dalam lembar kerja yang tadi sudak kita siapkan dengan cara mencari dan klik menu insert kemudian pilih video lalu klik pada This Device. Jendela explorer akan terbuka. Silahkan cari video yang kalian inginkan dan jika sudah ketemu, klik tombol Insert. Atur lembar kerja agar sesuai dengan ukuran video.

Caranya cukup mudah. Kita hanya perlu mencari menu design kemudian pilih slide size kemudian klik Custom Slide Size. Silahkan gunakan ukuran yang pas dengan video kalian. Karena bentuk video saya persegi jadi penyesuaian lembar kerja dengan video dapat dilakukan dengan mudah.

Agar video dapat berjalan saat kita menekan tombol preview atau F5. Maka kita perlu memberikan efek animation pada video itu. Caranya cari dan klik menu animation. Pada bagian plihan animation kita tidak perlu melakukan apa-apa. Yang perlu kita lakukan pergi ke bagian start dan ubah ke posisi With Previous.

3. Tambahkan Shape.

Buatlah sebuah shape dengan menggunakan Rectangle Tool. Atur panjangnya menjadi sama dengan Panjang video kalian. Kemudian ubahlah warna shapenya sesuai dengan yang kalian inginkan. Dalam hal ini saya menggunakan warna biru.

Cara Membuat Running Text Menggunakan Microsoft Power Point

4. Siapkan Logo Jika Diperlukan

Tambahkan juga logo untuk memperlengkap running text-nya. Tapi ini sifatnya opsional. Saya menambahkan element itu ke dalamnya supaya terlihat batas akhir dari running text tersebut. Sehingga tulisannya akan tampak seperti masuk ke dalam logo dan menjukkan pembatas dari panjang text itu.

Kemudian kita juga perlu mengatur tata letaknya. Kita bisa mengambil contoh dari berita televisi yang sering kita lihat. Dimana letak running text ada di bagian bawah dan logo ada di sebelah kiri dari running text-nya.

5. Buat Text yang Diinginkan

Setelah membuat dan mengatur tata letak shape dan logo. Langkah yang selanjutnya adalah membuat text yang akan diberi efek berjalan dari arah kanan ke kiri. Cara sangatlah mudah. Gunakanlah fitur text box kemudian ketikkan kata-kata yang ingin kita sampaikan.

Kata-kata yang saya gunakan adalah sebuah pesan yang menunjukkan layanan dari bisnis beserta alamat dan nomor telponnya. Kemudian atur ukuran fontnya agar masuk ke dalam shape yang tadi sudah di buat.

Setelah itu letakkan posisinya di bagian kiri lembar kerja. Silahkan atur zoom dari lembar kerja kalian agar lebih mudah mengaru posisi text-nya.

6. Beri Efek Pada Text

Jangan lupa memberikan warna pada tulisan running text-nya. Disini saya menggunakan warna putih. Usahakan warnanya tidak menyatu dengan warna dari kotak running text-nya. Pakailah warna yang kontras dan terang.

Kemudian berikan efek pada text-nya dengan cara mencari dan klik menu Animation. Klik pada efek Fly in kemudian pada bagian Effect Option, pilih dan klik From Right. Setelah itu pada bagian Start pilih dan klik With Previous.

Pada bagian Duration kita harus mengisi nilai yang sesuai dengan lama waktu pemutaran video kita. Video marketing yang saya buat berdurasi 50 detik. Jadi pada bagian ini akan di isikan dengan nilai 50.00. Pada tahap ini kita sudah bisa menjalankan video yang sudah kita tambahkan running text.

7. Export File

Kita bisa lihat preview-nya dengan cara menekan tombol F5. Jika sudah kelihatan pas dan rapi maka tinggal kita export saja dengan cara klik file kemudian pilih export. Lalu pilih Create a Video silahkan pilih format dan resolusi video yang kita inginkan. Jika sudah sesuai klik tombol Create Video.

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat running text menggunakan Microsoft Power Point. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Related Posts

1 komentar

  1. terima kasih infonya, sangat membantu buat bikin running text di presentasi

    BalasHapus

Posting Komentar