Cara Mengatasi Indikator Tinta & Kertas Berkedip pada Epson L3110

1 komentar

Cara Mengatasi Indikator Tinta & Kertas Berkedip pada Epson L3110

Cara Mengatasi Indikator Tinta & Kertas Berkedip.

Sekitar 5 hari yang lalu saat sedang asyik-asyiknya nonton film One Piece Live Action dari Komputer kesayangan saya ini. Tiba-tiba saya dikejutkan oleh sebuah panggilan masuk dari smartphone yang ternyata itu adalah panggilan dari seseorang yang memerlukan tenaga dan layanan service untuk menangani beberapa masalah pada perangkatnya.

Cara Mengatasi Indikator Tinta & Kertas Berkedip pada Epson L3110

Faktor Penyebab

Dia bertanya kepada saya, “Bro, bisa nggak benerin printer saya ?”. Kemudian saya bertanya kepada dia mengenai bagaimana kronologinya. Dia pun menjawab, “Lagi nge-print tiba-tiba kertasnya nyangkut dan jadi kusut terus kertasnya ditarik keluar pelan-pelan”.

Setelah itu printer dinyalakan Kembali dan yang ia lihat adalah indikator tinta dan kertas berkedip-kedip secara bersamaan. Selanjutnya printer tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen. Jadi bergitulah kronologinya.

Tak lama kemudian saya dijemput dan langsung menuju ke tempat dia bekerja. Ternyata printer yang digunakan adalah Printer Epson L3110. Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan lampu indikator tinta dan kertas pada printer tersebut berkedip bersamaan yaitu :

  • Tinta habis atau tinta tidak terdeteksi dengan benar.
  • Masalah kertas atau paperjam
  • Masalah pada software atau driver
  • Masalah pada hardware atau printer yang rusak
  • Tempat pembuangan tinta sudah penuh

Berdasarkan kronologi yang sudah di paparkan oleh pemilik printer. Saya hanya berfokus pada permasalahan yang kedua. Yaitu masalah kertas atau paperjam. Saya harus pastikan tidak ada kertas yang tersangkut sedikitpun. 

Cara Mengatasi Indikator Tinta & Kertas Berkedip pada Epson L3110

Reset Printer

Namun setelah saya cek dengan cara memasukkan kertas yang agak tebal kemudian saya dorong pelan-pelan dari input tray (tempat masuknya kertas) sampai ke roller kecil yang ada di bagian depan, saya lakukan secara berulang-ulang dari kanan ke kiri dan sebaliknya.

Tidak ada satupun kertas yang tersisa maupun yang masih tersangkut. Kemudian saya nyalakan Kembali printernya. Tapi lampu indikator tinta dan kertas masih juga berkedip. Padahal sudah tidak ada kertas yang tersangkut.

Si pemilik printer memberikan saran untuk melakukan reset pada printernya. Tapi saya berpikir biasanya reset dilakukan jika printer sudah mencapai batas cetakan atau jika tangki pembuangan tinta sudah penuh.

Akhirnya saya ambil jalan tengah saja. Saya searching di youtube dan ternyata suara terbanyak adalah diberlakukannya reset pada printer. Baiklah langsung saja menuju ke browser dan search dengan kata kunci Resetter Epson L3110.

Cara Mengatasi Indikator Tinta & Kertas Berkedip pada Epson L3110

Tahapan dan Langkahnya


Akan banyak sekali yang muncul kita ambil saja dari salah satu website. Yang penting merknya sama. Kemudian jalankan aplikasi resetter yang baru saja kita download. Caranya klik dua kali pada adjprogram.exe, setelah itu masukkan passwordnya (untuk mengetahui passwordnya silahkan klik pada password txt).

Jendela EPSON Adjutment Program akan muncul. Setelah itu klik pada tombol Particular adjustment mode. Kemudian pada menu maintenance klik pada Waste inkpad counter, setelah itu klik tombol OK.

Jendela Waste inkpad counter akan muncul. Silahkan beri ceklist pada kotak main pad counter dan Platen pad counter. Kemudian klik tombol Check. Kedua ceklist di dalam kotak akan hilang dan akan muncul nilai yang menunjukkan batas cetak printer.

Langkah selanjutnya adalah beri ceklist lagi pada kotak main pad counter dan Platen pad counter. Untuk yang satu ini kita akan klik tombol Initialize. Tunggul beberapa saat hingga muncul kotak dialog yang meminta kita untuk menghidupkan ulang printer alias dimatikan kemudian dinyalakan kembali.

Cek Perubahan yang Terjadi

Sampai di Langkah ini kita cek lagi apakah indicator pada tinta dan kertas masih berkedip jika tidak. Maka permasalahan sudah selesai. Jika tidak itu berarti ada permasalahan lain diluar kronologi yang saya sebutkan.

Dari kejadian ini saya baru menyadari kalau ternyata paperjam juga dapat mempengaruhi ink pad counter sehingga tindakan reset printer harus dilaksankan juga.

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi Indikator tinta & kertas berkedip pada Epson L3110. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi dipostingan berikutnya. 

Related Posts

1 komentar

  1. Kmrn saya akhirnya ngereset pakai aplikasi,dan akhirnya printernya berjalan normal kembali

    BalasHapus

Posting Komentar