Cara Healing Ms Excel Yang Error Karena Virus Trojan di Windows 11

Posting Komentar

Cara Healing Ms Excel Yang Error Karena Virus Trojan di Windows 11

Cara Healing Ms Excel Yang Error.

Sekitar satu minggu yang lalu. Ketika saya hendak rebahan dan menutup kegiatan di hari itu. Tiba-tiba saya kembali lagi dikejutkan oleh sebuah panggilan dari smartphone. Saya juga tidak tahu kenapa setiap detik detik terakhir selalu saja ada kejutan yang tidak disangka sangka

Cara Healing Ms Excel Yang Error Karena Virus Trojan di Windows 11

Bagian Penting Yang Tidak Terbuka

Ya, mungkin memang sudah seperti itu jalannya. Panggilan yang mengejutkan itu tidak lain adalah dari seorang user yang meminta saya untuk memperbaiki komputer yang dia jadikan sebagai pusat data di tempatnya bekerja. Keluhannya adalah tidak bisa terbukanya aplikasi andalannya yang telah di installnya.

Diantaranya adalah Microsoft Office Excel 2019 & 2013. Ketika di klik muncul kotak dialog yang bertuliskan “The Application was unable to start correctly (0xc0000005). Click OK to close the application”.

Semua aplikasi yang menurutnya sangat penting bagian yang vital malah tidak bisa di buka, kejadian itu terjadi setelah dia selesai mengupdate windows 11 nya, begitulah kronologinya.

Panik dan frustasi sudah pasti dia rasakan saat itu. Karena di dalam komputer itu terdapat data data penting yang harus bisa segera diakses oleh semua staff ditempat ia bekerja.

Keesokan harinya user itu datang ke tempat praktek saya dan meminta saya untuk datang bersamanya ke tempat dia bekerja. Saya langsung mempersiapkan peralatan yang diperlukan kemudian langsung berangkat.

Cara Healing Ms Excel Yang Error Karena Virus Trojan di Windows 11

Tahapan Pemulihan

Tidak lama kemudian saya pun sampai ke tempat tujuan. Di sana ada sebuah komputer yang kelihatannya tidak pernah mati alias selalu menyala nonstop 24 jam. Sepertinya komputer ini semi-Server dari penampilannya sudah kelihatan. Nah komputer inilah yang sedang mengalami masalah.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah melihat notifikasi dari system windows 11. Ternyata banyak sekali notifikasi yang bertuliskan Threat Found. Tidak pakai pikir Panjang lagi saya langsung buka notif itu kemudian langsung menuju ke windows threat and protection.

Threat yang terlihat di sana adalah Trojan. Ini merupakan virus yang bener bener alot seperti kerupuk yang udah lama kena angin anginan. Setelah mengetahui Threat-nya saya meminta user untuk menonaktfikan sambungan internet baik dari kabel ataupun Hotspot.

Semua kabel dan dongle pun dicabutnya. Selanjutnya adalah menonaktifkan system restore point dari system protection. Caranya sangat mudah sekali ketik saja system restore di menu pencarian windows. Kemudian klik pada icon Recovery. Selanjutnya klik configure system restore.

Setelah itu Pilih Drive C: kemudian cari dan klik tombol Configure. Klik pada Disable system protection. Jika sudah klik OK.

Trojan bisa me-recovery dirinya melalui system restore. Untuk itulah saya harus menonaktifkan system restore terlebih dahulu.

Cara Healing Ms Excel Yang Error Karena Virus Trojan di Windows 11

Full Scanning

Langkah selanjutnya adalah pergi ke windows security. Caranya sama yaitu tinggal ketik saja windows security di menu pencarian. Setelah itu click icon yang muncul.

Setelah jendela windows security terbuka, silahkan cari dan klik tombol Start Action. Biasanya tombol ini ada di menu Home dan juga di menu Virus & Threat protection.

Biasanya komputer akan meminta restart. Lakukanlah restart dan kemudian cek lagi jika masih ada ulangi lagi langkah diatas sampai systemnya mengarahkan kita untuk melakukan full scanning. Setelah berhasil masuk ke Full Scanning tunggulah sampai selesai. Saya menghabiskan waktu 6 jam untuk menyelesaikan full scanning.

Sebenarnya full scanning bisa di jalankan dengan melakukan pengaturan pada bagian scan option. Tapi menu tersebut menghilang Ketika si Trojan ini muncul.

Untung saja tombol start actionnya masih ada dan masih berjalan dengan baik. Sehingga scanning virus tetap bisa berjalan sampai pada tahap full scanning.

Untuk menghadapi Trojan memang diharuskan melakukan Full Scaning. Dan endingnya adalah semua aplikasi dapat dibuka kembali termasuk Microsoft Office Excel 2019. 

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara healing Ms Excel yang error karena virus Trojan di Windows 11. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Related Posts

Posting Komentar