Cara Mengatasi ”File is too large for the destination file system”

Posting Komentar

Cara Mengatasi ”File is too large for the destination file system”.

Suatu hari ayahanda meminta diriku untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sudah sering saya lakukan yaitu recovery windows pada sebuah CPU yang terbilang sudah lawas. Tetapi Speknya benar benar maksimal. 

Cara Mengatasi ”File is too large for the destination file system” 

Port USB yang Pilah-Pilih

Sehingga sangat memungkinkan untuk menginstall windows 10 kedalam perangkat itu. Saat hendak melakukan install melalui recovery system menggunakan acronis. Komputernya tidak mau mendeteksi hardisk eksternal yang didalamnya terdapat file recovery yang akan saya gunakan.

Tuntutan dari pemiliki komputer tidak tinggi. Beliau hanya menginginkan komputernya terpasang Windows saja dan versi berapa saja itu sudah cukup. Karena pada saat itu komputer milik beliau sudah ada yang mau beli alias sudah ketemu jodohnya.

Dan Akhirnya saya pun memutuskan untuk menginstall windows 7 dengan menggunakan flashdisk ke dalam Komputer tersebut. Instalasi berjalan lancar sampai selesai. Dan saya pun telah menerima bayaran dari pekerjaan itu. 

Flashdisk Lebih Mudah Terhubung

Akan tetapi masih ada hal yang mengganjal di dalam pikiran saya. Kenapa komputer itu tidak mendeteksi hardisk eksternal yang saya miliki. Padahal keadaan kabel-nya masih bagus. Jika di hubungkan ke laptop dan komputer lain masih berfungsi seperti biasa.

Akhirnya saya mengambil kesimpulan kalau port USB pada laptop dan computer sebenarnya lebih menerima Flashdisk dari pada hardisk yang menggunakan kabel USB sebagai konektornya.

Kemudian Hal yang sama terjadi Ketika saya dipanggil untuk melakukan instalasi di daerah yang dekat dengan keranji. Kasusnya sama tidak mau mendeteksi hardisk eksternal saya. Untungnya semua file instalasi windows masih saya simpan di flashdisk. 

Masalah yang Ditemui

Jadi instalasi masih dapat dilakukan seperti biasa. Namun saya kesulitan saat hendak menginstall aplikasi. Karena semua aplikasi terdapat di hardisk eksternal. Untungnya si pemilik tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Itu di karenakan beliau ingin men-download sendiri aplikasi yang dia inginkan atau memang masih menyimpan file-file aplikasi yang dibutuhkan di suatu tempat.

Dua kejadian yang sama semakin memantapkan hati saya untuk memindahkan file-file aplikasi ke dalam flashdisk agar Ketika kejadian ini saya temui lagi saya sudah tidak kebingungan. Karena sudah ada persiapan sebelumnya.

Cara Mengatasi ”File is too large for the destination file system” 

Mulai Memindahkan File

Flashdisk sudah saya beli. Dan saya mulai memindahkan file-file aplikasi dari hardisk eksternal ke dalam flashdisk saya. Satu persatu saya pindahkan. Saya tidak melakukan secara sekaligus tapi satu demi satu.

Kenapa saya melakukan satu demi satu. Karena saya berpikir jika ada masalah di satu file yang bermasalah maka file itu yang harus di periksa. Dan benar saja ternyata ada file yang seperti itu.

Ketika saya pindahkan file itu muncul peringatan “File is too large for the destination file system”. Dalam hati saya berkata “tuh kan, ada yang error”. Kenapa bisa seperti itu? Hal ini mungkin dikarenakan file yang ingin di pindahkan terlalu besar. 

Cara Mengatasi ”File is too large for the destination file system”.

Mensiasati File yang Berukuran Besar

Besaran file yang ingin saya pindahkan itu sekitar 4GB lebih. Namun saya berpikir kenapa ga bisa ya ? saya searching di google dan ternyata itu di sebabkan karena file system yang ada di flashdisk masih menggunakan format yang lama yaitu FAT 32.

File System FAT 32 tidak bisa menerima file yang ukurannya lebih dari 4GB secara langsung. Menghadapi permasalahan ini hal yang terpikirkan di dalam pikiran saya adalah memecah file menjadi beberapa part baru kemudian di pindahkan satu per satu kedalam flashdisk.

Ini bisa di lakukan tapi sangat menyita waktu. Kemudian hal kedua yang terpikirkan adalah dengan memformat ulang menggunakan format NTFS. Namun semua data di dalamnya akan hilang. Akibatnya saya harus memindahkan ulang satu per satu dari hardisk ke flashdisk dari awal. Cara yang ini juga menyita waktu. 

Convert Menjadi Pilihan

Hal yang ketiga yang terpikirkan dalam pikiran saya dan inilah yang paling tepat dilakukan pada situasi yang sedang saya hadapi saat itu yaitu dengan melakukan convert file system FAT ke NTFS. Dengan melakukan ini saya tidak perlu khawatir akan data data yang ada di dalam flashdisk dan tidak perlu memindahkan ulang file satu persatu. 

Cara Mengatasi ”File is too large for the destination file system”

Caranya pun sangat mudah dan tidak menyita waktu. Berikut ini adalah Langkah langakhnya .

1 Buka Command Prompt

Ketikkan pada kolom search “cmd” maka akan muncul aplikasi Command Prompt. Kemudian klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih Run as Administrator. Kemudian Pilih Yes

2. Mulai Melakukan Convert

Setelan jendela command prompt terbuka ketikkan suatu perintah. Tapi sebelumnya kalian harus memastikan flashdisk kalian ada di drive apa. Dalam hal ini flashdisk saya berada pada drive E:.

Maka perintah yang di ketikkan adalah : Convert E: /FS:NTFS Kemudian tekan Enter

3. Melanjutkan proses Pemindahan File

Setelah file system diubah dengan metode convert maka saya bisa kembali melanjutkan proses pemindahan file tanpa mengulang dari awal.

Sahabat Blog Tekno Tik. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Mengatasi ”File is too large for the destination file system”. Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba dan sampai ketemu lagi di postingan berikutnya.

Related Posts

Posting Komentar